Sejarah

SEJARAH PERKEMBANGAN SMK AL HUDA BUMIAYU

 

SMK Al Huda Bumiayu berada  di bawah naungan Yayasan Pondok Pesantren Shofwatussuada Bumiayu,  didirikan pada Tahun 2004 dan disyahkan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Brebes pada tanggal 28 April 2005. Kompetensi yang didirikan pada saat itu adalah Tata Busana Dan Teknik Komputer Jaringan dengan Bapak Mitfah,SE sebagai kepala sekolahnya. Pada Tahun pertama jumlah peserta didik hanya 17 anak, Tahun kedua berjumklah 56 anak, Tahun ke tiga yaitu Tahun 2007 pak Miftah purna Tugas dan dilanjutkan oleh Drs. Musli HS  jumlah peserta didik pada saat itu berjumlah 112 anak. Hingga saat ini Jumlah peserta didik SMK Al huda Bumiayu sudah mencapai 926 anak terbagi dalam 28 rombel.


SMK Al Huda Bumiayu berlokasi di Jalan KH. Nasucha No 56 Kerajan Bumiayu Kabupaten Brebes. Tempat yang sangat strategis karena berada di tengah-tengah Kota Bumiayu, akses jalannya sangat mudah serta jauh dari kebisingan Kendaraan bermotor. Modal dasar inilah yang menjadi pendukung banyaknya minat masyarakat untuk mensekolahkan anakanya  di sekolah ini. Pada Tanggl 07 November 2008 dua kompetensi yang dimiliki SMK ini diakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional. Kemudian dengan berjalannya waktu minat masyarakat untuk mensekolahkan di SMK Al Huda ini semakin meningkat.


Pada Tanggal 24 Mei 2010 SMK Al Huda Bumiayu membuka Kompetensi baru yaitu Teknik Sepeda Motor. Proses  perbaikan senantiasa dilakukan oleh jurusan ini sehingga pada Tanggal 16 Desember 2015 menyelenggarakan lounching kerja sama dengan Astra Honda Motor. Sedangkan dua kompetensi lainnya  dalam proses untuk membuka kelas yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan kebutuhan dunia usaha.


Pada Tanggal  16 November 2013 SMK Al Huda ini mengikuti  akreditasi  kedua. Ketiga kompetensi ini dinyatakan lulus dengan nilai B. Penataan di segala lini selalu dilakukan untuk menghadapi akreditasi berikutnya. Hiungga saat ini SMK Al Huda senantiasa mengevaluasi diri melengkapi kekurangan-kekurangan dan melakukan trobosan trobosan dalam rangka penyerapan anggaran baik pusat provinsi maupun Kabupaten.


Saai ini potret SMK Al Huda  Bumiayu sudah menunjukan perkembangan yang signifikan. Hanya masih banyak kekurangan fasilitas pendukung yang harus dilengkapi. Dengan melihat kesungguhan yayasan dan potensi tenaga pendidikan SMK Al Huda kedepan akan menjadi SMK Faforit khususnya di Brebes Selatan ini. Amin